KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS PADA MATA KULIAH MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
INDAH
KURNIAWATI
NIM 0301183266
DOSEN PENGAMPU : AHMAD SYAFWAN, M.Pd

PRODI
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM-5/ SEMESTER III
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
2019
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat
dan rahmat-Nya makalah yang berjudul “Komputer Sebagai Media Pembelajaran” ini
dapat terselesaikan.
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas pada mata kuliah Media dan
Teknologi Pembelajaran. Tidak lupa kami ucapkan
terimakasih kepada Bapak Ahmad Syafwan, M.Pd, yang telah membimbing dan
mendukung dalam penyelesaian makalah ini. Dalam makalah ini dibahas tentang pengertian media pembelajaran,
manfaat media pembelajaran, komputer sebagai media pembelajaran, bentuk-bentuk
penggunaan komputer sebagai media pembelajaran, kelebihan komputer sebagai
media pembelajaran, dan kelemahan komputer sebagai media pembelajaran.
Mungkin makalah ini masih banyak
memiliki kekurangan walaupun penulis telah berusaha menyajikan yang terbaik bagi pembaca. Oleh
karena itu, kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini dengan senang
hati penulis terima.
Mudah-mudahan makalah ini bermanfaat
dan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca.
Medan, Desember
2019
Penulis
DAFTAR
ISI
hal
KATA
PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN............................................................................... 1
1.1
Latar Belakang.......................................................................................... 1
1.2
Rumusan Masalah...................................................................................... 1
1.3
Tujuan Penulisan........................................................................................ 2
1.4 Ruang Lingkup.......................................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN................................................................................ 3
2.1
Pengertian Media Pembelajaran................................................................ 3
2.2
Manfaat Media Pembelajaran.................................................................... 4
2.3
Komputer Sebagai Media Pembelajaran.................................................... 4
2.4 Bentuk-bentuk Penggunaan Komputer Sebagai
Media Pembelajaran...... 5
2.5 Kelebihan Komputer Sebagai Media Pembelajaran.................................. 9
2.6 Kelemahan Komputer Sebagai Media Pembelajaran................................. 10
BAB
III PENUTUP......................................................................................... 11
3.1
Kesimpulan................................................................................................ 11
3.2
Saran.......................................................................................................... 11
DAFTAR
PUSTAKA...................................................................................... 12
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar saat ini
bukan lagi merupakan suatu hal yang baru dalam dunia pendidikan. Dengan adanya
media pembelajaran, akan lebih meningkatkan daya ingat siswa dalam memahami
materi-materi pembelajaran. Kehadiran media pembelajaran memiliki arti yang
sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena ketidakjelasan materi
pelajaran yang disampaikan dapat dibantu dengan adanya media pembelajaran
sebagai perantara.
Sebagai alat bantu, media pembelajaran berfungsi melancarkan jalan
menuju tercapainya tujuan pembelajaran. Media juga digunakan sebagai alat,
metode, serta teknik yang digunakan dalam rangka meningkatkan efektifitas
komunikasi dan interaksi edukatif antara pendidik dengan peserta didik dalam
suatu proses pembelajaran di sekolah.
Namun, meskipun begitu pentingnya alat atau media bagi tercapainya
tujuan pendidikan, masih banyak dijumpai lembaga-lembaga pendidikan yang kurang
mementingkan alat atau media tersebut. hal itu terbukti dengan banyak ditemukannya
kasus guru yang tidak mempergunakan media sesuai dengan materi yang diajarkan.
Sehingga siswa mengalami banyak kesulitan dalam menyerap dan memahami pelajaran
yang disampaikan oleh guru serta banyak siswa yang merasa bosan dengan
pelajaran tertentu. Hal tersebut dapat diidentifikasikan sebagai masalah
kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam pembahasan makalah ini
adalah sebagai berikut :
1.
Apa pengertian
media pembelajaran ?
2.
Apa manfaat
media pembelajaran ?
3.
Bagaimana
komputer sebagai media pembelajaran ?
4.
Apa saja
bentuk-bentuk penggunaan komputer sebagai media pembelajaran ?
5.
Apa kelebihan
komputer sebagai media pembelajaran ?
6.
Apa kelemahan
komputer sebagai media pembelajaran ?
1.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, maka tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai
berikut :
1.
Untuk mengetahui
pengertian media pembelajaran.
2.
Untuk mengetahui
manfaat dari media pembelajaran.
3.
Untuk mengetahui
yang dimaksud dengan komputer sebagai media pembelajaran.
4.
Untuk mengetahui
bentuk-bentuk penggunaan computer sebagai media pembelajaran.
5.
Untuk mengetahui
kelebihan komputer sebagai media pembelajaran.
6.
Untuk mengetahui
kelemahan komputer sebagai media pembelajaran.
1.4 Ruang Lingkup
Adapun makalah ini membahas tentang
“Syarat dan Kriteria Pembuatan Media Pembelajaran PAI” yang meliputi :
1.
Pengertian media
pembelajaran
2.
Manfaat dari
media pembelajaran
3.
Komputer sebagai
media pembelajaran
4.
Bentuk-bentuk penggunaan komputer sebagai media
pembelajaran
5.
Kelebihan komputer sebagai media pembelajaran
6.
Kelemahan komputer sebagai media pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Media Pembelajaran
Kata
media merupakan bentuk jamak dari “medium”, yang secara harfiah berarti
perantara atau pengantar. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media
pembelajaran.
Schramm
mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat
dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Secara khusus, kata tersebut dapat
diartikan sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk membawa informasi dari
satu sumber kepada penerima.[1]
Menurut
Gerlach dan Ely, media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia,
materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh
pengetahuan, keterampilan atau sikap. Sehingga guru, buku teks, dan lingkungan
sekolah pun dapat dikatakan media.
Media
pembelajaran adalah media yang membawa pesan-pesan atau informasi yang
bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran. Media
pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi
materi pengajaran yang terdiri dari buku, tape recorder, kaset, video camera,
video recorder, film, slide (gambar), foto, gambar, grafik, televisi dan
komputer.
Kesimpulannya,
media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari
pengirim ke penerima. Sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian
dan minat siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.[2]
Jadi,
secara umum bisa diartikan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu proses
belajar mengajar. Yaitu segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang
pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pelajar sehingga
dapat mendorong terjadinya proses belajar pada peserta didik (siswa/murid).[3]
2.2 Manfaat Media Pembelajaran
Manfaat media
pembelajaran diantaranya yaitu:
1. Menjelaskan materi pembelajaran atau obyek yang abstrak (tidak nyata)
menjadi konkret (nyata).
2. Memberikan pengalaman nyata dan langsung karena siswa dapat
berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan tempat belajarnya.
3. Mempelajari materi pembelajaran secara berulang-ulang.
4. Memungkinkan adanya persamaan pendapat dan persepsi yang benar terhadap
suatu materi pembelajaran atau obyek.
5. Menarik perhatian siswa, sehingga membangkitkan minat, motivasi,
aktivitas, dan kreativitas belajar siswa.
6. Membantu siswa belajar secara individual, kelompok, atau klasikal.
7. Materi pembelajaran lebih lama diingat dan mudah untuk diungkapkan
kembali dengan cepat dan tepat.
8. Mempermudah dan mempercepat guru menyajikan materi pembelajaran sehingga
siswa mudah mengerti.
9. Mengatasi ruang, waktu, dan indera.[4]
2.3 Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin computare
yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Sementara Sanders
menyatakan bahwa: komputer adalah sistem elektronik untuk mamanipulasi data
yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis
menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output,
bekerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalam penyimpanannya dan
program tersebut dikenal dengan sistem operasi.
Maka
dapat disimpulkan bahwa komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat
menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (proces) untuk
menghasilkan keluaran (output) berupa informasi secara cepat melalui suatu
program atau aplikasi tertentu.
Pesatnya
perkembangan komputer dan banyaknya eksperimen mengenai komputer yang dilakukan
menghasilkan suatu media yang mampu memfasilitasi kegiatan belajar mengajar
atau proses pembelajaran terutama di sekolah. Pemanfaatan teknologi komputer
telah banyak memberikan kontribusi terhadap proses pembelajaran yaitu dengan
mempermudah dan memperjelas materi yang begitu beragam dan memberikan contoh
yang konkrit, dalam arti lain komputer
dapat didayagunakan sebagai media pembelajaran.
Komputer
merupakan alat yang bisa dimanfaatkan sebagai media utama pembelajaran karena
berbagai macam kemampuan yang dimilikinya, diantaranya memiliki respon yang
cepat secara virtual (tampilan) terhadap masukan yang diberikan siswa (user).
Di samping itu, komputer juga memiliki kemampuan yang lain yaitu mengendalikan
dan mengatur berbagai macam media dan bahan pembelajaran seperti film, video,
slide dan informasi yang dapat dicetak.[5]
2.4 Bentuk-bentuk Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk
memperjelas pesan yang disampaikan pendidik. Media juga berfungsi untuk
pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan
belajar siswa (pola bermedia). Beberapa bentuk penggunaan komputer media yang
dapat digunakan dalam pembelalajaran meliputi:[6]
1.
Penggunaan
Multimedia Presentasi
Multimedia
presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis,
digunakan dalam pembelajran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak di
atas 50 orang. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector
(LCD/Viewer). Jangkauan pancar juga cukup besar. Kelebihan media ini adalah
menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan
sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan
modalitas belajar peserta didik. Program ini dapat mengakomodasi peserta didik
yang memiliki tipe visual, auditif maupun kinestetik. Hal ini didukung oleh teknologi
perangkat keras yang berkembang cukup lama, telah memberikankontribusi yang
sangat besar dalam kegiatan presentasi. Saat ini teknologi pada bidang rekayasa
komputer menggantikan peranan alat presentasi pada masa sebelumnya. Penggunaan
perangkat lunak perancang presentasi seperti Microsoft Power Point yang
dikembangkan oleh Microsoft Inc, Corel presentation yang dikembangkan oleh
Corel Inc, hingga perkembangan terbaru perangkat lunak yang dikembangkan
Macromedia Inc, menyebabkan kegiatan presentasi menjadi sangat mudah.
Berbagai
perangkat lunak yang memungkinkan presentasi telah banyak dikemas dalam bentuk
multimedia yang dinamis dan sangat menarik. Perkembangan perangkat lunak
tersebut didukung oleh perkembanga sejumlah perangkat keras penunjangnya. Salah
satu produk yang paling banyak memberikan pengaruh dalam penyajian bahan
presentasi digital saat ini adalah perkembangan monitor, kartu video, kartu
audio serta perkembanga proyektor digital (digital image projector) yang
memungkinkan bahan presentasi dapat disajikan secara digital untuk
bermacam-macam kepentingan dalam berbagai kondisi dan situasi, serta ukuran
ruang dan berbagai karakteristik audience. Tentu saja hal ini menyebabkan
perubahan besar pada trend metode presentasi saat ini, dan dapat dimanfaatkan
untuk mengajarkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Pengolahan bahan presentasi dengan menggunakan komputer tidak hanya
untuk dipresentasi dengan menggunakan alat presentasi digital dalam bentuk
multimedia proyektor (seperti LCD, In-Focus dan sejenisnya), melainkan juga
dapat dipresentasikan melalui peralatan proyeksi lainya seperti Over Head
Projector (OHP) dan film slide projector yang sudah lebih dahulu diproduksi, sehingga
lembaga atau instansi yang belum memiliki perangkat alat presentasi digital
akan tetapi telah memiliki kedua alat tersebut, dapat memanfaatkan pengolahan
bahan presentasi melalui komputer secara maksimal. Dalam sudut pandang proses
pembelajaran, presentasi merupakan salah satu metode pembelajaran.
Penggunaannya menempati frekuensi paling tinggi dibandingkan dengan metode
lainnya. Berbagai alat yang dikembangkan, telah memberikan pengaruh yang sangat
besar, bukan hanya pada pengembangan kegiatan praktis dalam kegiatan presentasi
pembelajaran, akan tetapi juga pada teori-teori yang mendasarinya. Perkembangan
terakhir pada bidang presentasi dengan alat bantu komputer telah menyebabkan
perubahan tuntutan penyelenggaraan pembelajaran. Diantaranya tuntutan terhadap
peningkatan kemampuan dan keterampilan para guru dalam mengolah bahan-bahan
pembelajaran ke dalam media presentasi yang berbasis komputer.
2. CD Multimedia Interaktif
CD
interaktif dapat digunakan pada kegiatan belajar mengajar sebab cukup efektif
meningkatkan hasil belajar peserta didik terutama komputer. Sifat media ini
selain interaktif juga bersifa t multimedia terdapat unsur-unsur media secara
lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks dan grafis. Penggunaan CD
interaktif cocok untuk mengajarkan suatu proses atau tahapan, misalnya
penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi, pembelahan sel, proses respirasi,
dsb.
3. Video Pembelajaran
Selain CD interaktif, video termasuk media yang dapat digunakan
untuk pembelajaran di kelas. Video bersifat interaktif tutorial membimbing
peserta didik untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Peserta didik
dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktik sesuai dengan yang diajarkan
dalam video.
Berikut contoh penggunaan komputer sebagai media pembelajaran dalam
perkuliahan.



2.5 Kelebihan
Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Penggunaan
komputer sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan.Pada umumnya
komputer dipandang sebagai alat untuk mempertinggi berbagai teknologi
pengajaran yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut Pribadi dan Rosita, beberapa kelebihan
komputer sebagai media pembelajaran, yaitu sebagai berikut:
1.
Menciptakan
iklim belajar yang efektif bagi siswa yang lambat (slow learner).
2.
Memacu
efektivitas belajar bagi siswa yang cepat (fast learner). Komputer dapat
diprogram untuk dapat memberikan umpak balik terhadap hasil belajar siswa.
3.
Dengan
kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya, maka komputer dapat
diprogram untuk memeriksa dan memberikan skor hasil belajar secara otomatis.
4.
Dapat
dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual (individual
learning).
5.
Mampu
menyampaikan informasi dan pengatahuan dengan tingkat realisme yang tinggi.
Karena komputer mampu mengintegrasi warna, musik dan animasi grafik.
6.
Dapat
meningkatkan hasil belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relatif kecil.
Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan
komputer sebagai media dalam pembelajaran dapat menunjang peningkatan kualitas
pembelajaran, karena komputer memberikan alternatif metode belajar dan media
pembelajaran.
2.6 Kelemahan Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Diantara
kelebihan-kelebihan yang dimiliki komputer, ada beberapa kelemahan komputer
sebagai media dalam pembelajaran, diantaranya adalah:
1.
Tingginya
biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang
khusus untuk maksud pembelajaran.
2.
Pemeliharaan
dan perawatan komputer yang meliputi prangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi.
3.
Penggunaan
sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi
yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan
pada komputer yang spesifikasinya tidak sama.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar
mengajar. Manfaat media pembelajaran diantaranya yaitu menjelaskan materi
pembelajaran atau obyek yang abstrak (tidak nyata) menjadi konkret (nyata) dan
memberikan pengalaman nyata dan langsung karena siswa dapat berkomunikasi dan
berinteraksi dengan lingkungan tempat belajarnya.
Komputer merupakan alat yang bisa dimanfaatkan sebagai media utama
pembelajaran karena berbagai macam kemampuan yang dimilikinya, diantaranya
memiliki respon yang cepat secara virtual (tampilan) terhadap masukan yang
diberikan siswa (user). Bentuk-bentuk penggunaan komputer sebagai media
pembelajaran yaitu penggunaan multimedia presentasi, CD multimedia interaktif,
dan video pembelajaran.
Kelebihan komputer sebagai media
pembelajaran diantara yaitu memberikan iklim belajar yang efektif, sarana
pembelajaran yang bersifat individual, waktu dan biaya belajar relatif kecil,
dll. Sedangkan kelemahannya yaitu tingginya biaya pengembangan program
komputer, biaya pemeliharaan dan perawatan, dll.
3.2 Saran
Sebaiknya
seorang pendidik dapat memilih dan menggunakan media pembelajaran dengan baik,
sesuai dengan syarat dan ketentuan pembuatan media pembelajaran, agar peserta
didik lebih antusias dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran yang
disampaikan serta dapat meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik.
Pendidik
dapat menggunakan komputer sebagai media pembelajaran agar siswa menjadi lebih
mudah memahami pembelajaran serta tidak merasa bosan. Selain itu, penggunaan
komputer sebagai media pembelajaran juga dilakukan untuk lebih mengefektifkan
proses pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar.
2003. Media Pembelajara. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asnawir
dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat
Pers.
Kusuma, Endang. 2012. Makalah
Komputer Sebagai Media Pembelajaran. diakses dari https://endangkusuma93.wordpress.com/2012/12/14/makalah-komputer-sebagai-media-pembelajaran/, pada 21 Desember 2019.
Sunardiarding. 2013. Makalah
Komputer Sebagai Media Pembelajaran. diakses dari https://sunardiarding.wordpress.com/2013/05/11/makalah-komputer-sebagai-media-pembelajaran/, pada 21 Desember 2019.
Sundayana, Rustina. 2013. Media
Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.
Zakky. Pengertian Media
Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum, diakses dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/, pada 30 November 2019.
[3] Zakky,
Pengertian Media
Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum, diakses dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/, pada 30 November
2019.
[5] Sunardiarding,
Makalah Komputer Sebagai Media Pembelajaran, 2013, diakses dari https://sunardiarding.wordpress.com/2013/05/11/makalah-komputer-sebagai-media-pembelajaran/, pada 21
Desember 2019
[6] Endang Kusuma, Makalah Komputer Sebagai Media
Pembelajaran, 2012, diakses dari https://endangkusuma93.wordpress.com/2012/12/14/makalah-komputer-sebagai-media-pembelajaran/, pada 21
Desember 2019
Tidak ada komentar:
Posting Komentar